Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

BPTP Sumut Sosialisasikan Yellow Trap Cetak E-mail
Penilaian Pengunjung: / 7
KurangTerbaik 
Info Teknologi - Alsin
Oleh Ak, ESU   
Senin, 07 Februari 2011 00:00
Dalam rangka mengantisipasi meluasnya serangan hama wereng coklat di Sumatera Utara, BPTP Sumatera Utara mulai mensosialisasikan penggunaan Yellow trap (perangkap kuning) untuk pengendalian massal dan juga untuk memantau populasi wereng coklat tersebut.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2011 bertempat di KP. Pasar Miring, Deli Serdang. Melalui acara ini diharapkan penggunaan Yellow trap dapat cepat tersebar keseluruh penjuru Sumatera Utara. Acara ini diikuti oleh 26 Kabid Produksi dari Dinas Pertanian kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut, Ir. Akmal, MSi, peneliti BPTP Sumut, menjelaskan bahwa Yellow trap ini selain berfungsi untuk mengendalikan hama wereng dan penggerek batang padi, juga dapat digunakan untuk melakukan monitoring populasi hama sehingga dapat ditentukan waktu tanam yang tepat, khususnya pada daerah-daerah yang endemis serangan wereng coklat serta sebagai petunjuk waktu pelaksanaan pengendalian dengan menggunakan pestisida kimia.

Yellow trap adalah perangkap hama berbentuk rumah kecil (gubuk) berwarna kuning, terbuat dari seng dan dilengkapi dengan lampu, corong tempat masuk hama serta plastik tempat menampung hama yang terperangkap(Gambar 1). Lampu perangkap dipasang pada ketinggian 150—250 cm dari permukaan tanah. Hasil tangkapan dengan lampu 100 watt dapat mencapai 400.000 ekor/malam. Apabila pada areal persawahan tidak tersedia listrik maka lampu 100 watt dapat digantikan dengan lampu kapal/petromak.
Sosialisasikan Yellow Trap

Gambar 1. Yellow Trap

Bentuk Dari Yellow Trap




LAST_UPDATED2
 

Info Teknologi

AlsinBPTP Sumut Sosialisasikan Yellow Trap

article thumbnail

Dalam rangka mengantisipasi meluasnya serangan hama wereng coklat di Sumatera Utara, BPTP Sumatera Utara mulai mensosialisasikan penggunaan Yellow trap (perangkap kuning) untuk pengendal [ ... ]


SDM Profesional


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /var/home/vhosts/sumut/public/ind/modules/mod_djclassifiedsitems/tmpl/default.php on line 33
Joomla Templates by JoomlaVision.com